Neo4j: Mulai Belajar

Setelah membaca cerita sekilas, apakah sudah mulai tertarik dengan Neo4J? Mungkin Anda masih bingung mulai dari mana, artikel ini kami coba buat untuk memandu Anda mulai mempelajari dan menerapkannya.

Pasang atau Gunakan Sandbox

Bila memang ingin pengalaman lebih silakan unduh Neo4J dari halaman unduhannya sesuai dengan platform yang Anda miliki. Kami sendiri menggunakan platform Docker yang tidak terdapat pada unduhan tersebut namun sudah tersedia dalam Docker Hub dan siap dipakai.

Bila tidak ingin memasang di mesin pribadi bisa gunakan sandbox yang disediakan oleh pengembang.

Pelajari Chyper GQL

Chyper adalah Graph Query Language yang digunakan oleh Neo4J sebagai antar muka pengguna dalam berkomunikasi dengan mesin. Untuk menggunakan Neo4J, adalah mutlak menguasai bahasa ini.

Pengembang menyediakan laman sendiri untuk mempelajari chyper, bahkan versi PDF dan kartu referensi pun disediakan. Pengembang juga membuat kelas belajar dan kelas daring sehingga bila ingin menjadi seorang profesional dalam penggunaan dapat belajar dan memperoleh sertifikat yang diakui internasional. Namun bila hanya iseng dan belajar dengan panduan, bisa menggunakan perintah :play chyper di sandbox.

Implementasi chyper ini tidak hanya oleh Neo4J, namun beberapa proyek pengembangan basis data grafik pun menggunakannya. Mempelajari chyper tidak membuat seseorang terpaku pada infrastruktur ini.

Impor Data CSV

Cara paling mudah untuk memulai adalah dengan mempersiapkan berkas yang dibutuhkan dan mengimpor dengan perintah LOAD CSV. Jadi perintah ini adalah perintah dasar impor data dengan berbagai fitur tambahan, yaitu:

  • Dukungan CSV data dari URI;
  • Pemetaan data langsung menjadi struktur data grafik;
  • Dukungan konversi data, termasuk penghitungan yang kompleks; dan
  • Pembuatan dan penggabungan entitas, hubungan antar entitas dan struktur langsung dalam perintah.

LOAD CSV WITH HEADERS FROM ‘https://neo4j.com/docs/cypher-manual/3.5/csv/artists.csv’

Perintah diatas akan mengunduh dan memasukkan data langsung ke dalam basis data dari internet. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai impor data CSV ini bisa membaca di halaman tuntunan pengembang.

Pengembangan dengan Neo4J

Pada halaman pengembang telah disediakan dukungan atas berbagai perangkat dan lingkungan pengembangan yang dapat terkoneksi dengan Neo4J. Kami tentu saja memilih R dan memasang paket yang resmi dikembangkan.

Tentu saja bila ingin mengembangkan dengan basis data grafik beberapa paket pendukung analisis dan utamanya SNA (social network analysis) diperlukan, diantaranya: dplyr, purrr, igraph, ggraph, danvisNetwork.

Bahasa dan lingkungan pemrograman lain silakan melihat referensi dari pengembang.

Penutup

Semoga artikel ini dapat membantu sebagai panduan bagai mana memulai mempelajari Neo4J.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *