Berpindah Versi R di RStudio

Sebagai pengguna RStudio dalam keseharian, kami terkadang mendapat masalah. Kami menggunakan Debian Sid di salah satu mesin riset dimana versi aplikasi berubah terlalu sering. Di mesin yang lain kami menggunakan R dari CRAN yang update setiap rilis baru. Perubahan ini sering membuat masalah utamanya dependency paket.

Dalam artikel ini kami hanya akan mencakup 2 (dua) OS saja sesuai yang kami pakai, yaitu Linux dan Windows. Kami menggunakan Debian Linux dan Windows 7, versi lain kemungkinan besar tidak terdapat perbedaan. Perlu diingat RStudio dapat berjalan di R>2.11.1.

Linux

Secara default R yang digunakan oleh RStudio adalah hasil output dari perintah:

$ which R

Untuk paket yang berasal dari Debian dan CRAN yaitu rbase, biasanya terdapat pada /usr/bin/R. Sedangkan hasil compile sendiri (default) ada di /usr/local/bin/R. Kalo kami biasanya menggunakan –prefix saat melakukan kompilasi untuk menentukan path saat make install.

Secara default bila RStudio tidak menemukan path R maka RStudio akan mengunakan /usr/bin dan /usr/local/bin sebagai rujukan mencari binary R. Lalu bagaimana cara menggunakan R yang tidak pada kedua path tersebut?

Bila Anda ingin menggunakan R yang berada pada path lain, RStudio menggunakan variabel RSTUDIO_WHICH_R pada lingkungan linux. Hal ini bisa dilakukan dengan perintah:

$ export RSTUDIO_WHICH_R=/opt/R-devel/bin/R

Perintah tersebut memberikan perintah langsung kepada RStudio untuk menggunakan R pada path yang disebutkan.

Windows

Pada Windows, bila kita melakukan pemasangan R, R yang terlebih dahulu ada tidak hilang tertimpa yang baru dan kita masih dapat menggunakan versi-versi yang terpasang tersebut. Selain versi R dari pengembang, kami juga menggunakan beberapa distribusi R oleh pengembang selain pengembang resmi, misal Microsoft R Open semenjak masih Revolution R Open. Tentunya perpindahan antar versi dan distribusi ini penting buat kami.

Penggantian ini bisa menggunakan menu RStudio Options lewat panel General. Bahkan Anda bisa menggunakan versi 32bit bila mesin Anda 64bit.

Choose R Installation on RStudio Windows
Choose R Installation on RStudio Windows

Butuh Pertolongan?

Silakan hubungi kami bila ingin informasi lebih lanjut. Kami bisa dihubungi langsung via Telegram melalui group chat yang tertera pada pinned message di channel telegram kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box