R dalam Kancah Pemrograman

ieee-urutan-bahasa-pemrograman-populer-2018

Tahun lalu, IEEE menerbitkan artikel mengenai Bahasa Pemrograman Paling Top Tahun 2017. Dalam pemeringkatan ini bahasa yang menjadi platform analisis kami, yaitu R mendapatkan peringkat ke-6 sebagai bahasa pemrograman paling dibutuhkan, utamanya dalam skala enterprise.

Bulan kemarin, mereka juga merilis artikel yang sama untuk tahun 2018. Pada tahun ini popularitas R nampak semakin menurun, dimana peringkat 5 tahun 2016, peringkat 6 tahun kemarin, dan kini peringkat 7. Nampaknya popularitas python dengan pustaka statistik dan machine learning makin tak terbendung. Juga tak lupa Go, punya Google.

Pilihan kami mungkin berbeda dengan pilihan Anda. Oleh karena itu mari kita teliti lebih dalam.

Pangsa Pasar

Dalam daftar tersebut memang turun. Namun dengan masih bertahannya dalam 10 (sepuluh) besar membuktikan bahwa Bahasa Pemrograman R masih menjadi acuan utama dalam kancah pemrograman dunia. Minimal acuannya sesuai dengan kriteria dalam penyusunan peringkat, yaitu popularitas dikalangan penyedia kerja dan dunia free-software / open-source-software.

Dan jika kembali menilik pangsa pasar, perlu dingat kembali bahwa lingkungan Bahasa Pemrograman R memiliki fokus pada lingkungan statistika dan analisis data. Beberapa bahasa pemrograman yang memiliki peringkat di atas R adalah bahasa pemrograman multi-purpose, sehingga bisa dipastikan memiliki popularitas dan pangsa pasar yang lebih luas.

Kemudahan Pengembangan dan Kelengkapan Paket

Dengan adanya IDE seperti RStudio, sangat membantu dalam hal melakukan coding dan membantu pengembangan dalam masa awal pembelajaran maupun lanjut. Bila ingin mencoba silakan menuju rstudio.b2b.web.id.

Bila perangkat analisis lain yang berbayar (proprietary) merupakan 1 (satu) paket yang tidak terpisahkan, yang tentunya besar, R didistribusikan sebagai perangkat inti yang hanya dilengkapi dengan paket-paket inti. Paket-paket lain bisa diunduh dari CRAN sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Selain menggunakan paket yang tersedia bebas diunduh, siapa pun dapat berkontribusi dalam pengembangan paket.

Luasnya Ruang Lingkup

Saat ini terdapat 12.957 (dua belas ribu sembilan ratus lima puluh tujuh) paket yang terdapat dalam CRAN. Paket-paket tersebut meliputi berbagai bidang pekerjaan dan meliputi tiap titik kebutuhan pengolahan data.

Bidang pekerjaan meliputi masalah lingkungan, biologi, geofisika, sampai dengan keuangan tersedia paketnya.

Semua paket yang tersedia tersebut telah diuji pada sistem operasi Debian GNU/Linux, Fedora, OS X, Solaris dan Windows.

Bila ingin membantu pengembangan silakan baca terlebih dahulu dokumentasi penulisan pengembangan paket (PDF).

Pemrograman R

Mungkin bila disebut bahasa pemrograman, R tidak memiliki sifat bahasa pemrograman modern. Karena memang pengembangan R pada dasarnya adalah pengembangan perangkat manipulasi dan analisis data. Bahkan dalam pembahasan formal bahasan pemrograman pun tak pernah disebut.

Dalam pengelompokan tipe/jenis bahasa pemrograman, R masuk sebagai pemrograman array. Pemrograman jenis ini juga dikenal sebagai pemrograman vektor atau multidimensi. Dimana memang pemrograman jenis ini fokus pada matematika dan pengolahan data, beberapa yang lain adalah Matlab, Octave, Fortran dan Wolfram.

Seberapa Penting Mempelajari R

Seperti halnya mempelajari hal yang lain, semua kembali kepada Anda. Apa kebutuhan Anda, seberapa waktu luang Anda mempelajari hal baru, seberapa cepat Anda mempelajari hal baru, dlsb.

Satu catatan dari kami adalah adopsi R, selayaknya sesuai tujuan pengembangan atau dibuatnya R sendiri. Bila Anda bekerja dengan data dan perlu menganalisisnya, maka tingkat kebutuhan Anda mempelajari R semakin tinggi.

Bila masih ragu, solidnya komunitas dan dukungan yang luas atas berbagai sektor pekerjaan adalah nilai tambah yang perlu dipertimbangkan.

Selamat memilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box