RStudio Server dan Shiny Server

Masalah infrastruktur sudah dapat diatasi oleh penyedia layanan. Saat ini sedang dilakukan konfigurasi ulang dan restrukturisasi domain layanan.

Untuk lebih memasyarakatkan penggunaan RStudio Server dan Shiny Server yang telah kami coba bangun menggunakan Docker (silakan menuju halaman Docker Hub). Kami membuat 2 (dua) sub-domain baru, yaitu rstudio.b2b.web.id dan shiny.b2b.web.id. Keduanya telah aktif mulai per hari ini.

Fungsi dari rstudio.b2b.web.id adalah IDE R dalam jaringan yang bisa diakses dari mana pun dan kapan pun.

Fungsi dari shiny.b2b.web.id akan sebagai root dari beberapa sub-domain, antara lain data-id.b2b.web.id, data-id.b2b.web.id dan pengembangan yang diarahkan kepada visualisasi data.

Semoga migrasi dapat selesai dalam tempo tak terlalu lama.

Rintisan Buku Platform Analisis

Mengingat bahwa dari awal pengembangan B2B.Web.ID adalah sebuah acuan dalam penerapan eksplorasi dan pengolahan data dengan menggunakan platform analisis perangkat lunak merdeka, kami sudah mulai menyusun dokumentasi berupa buku. Rintisan ini masih dalam tahap sangat awal, masih perlu banyak waktu dan kesempatan untuk memperbaiki.

Untuk sementara contoh buku sudah kami sediakan melalui google drive. Silakan baca dan berikan masukan Anda baik melalui komentar maupun di channel terbuka kami di Telegram dengan alamat telegram.me/b2bwebid. Kami menerima setiap bentuk kontribusi dari Anda.

Untuk versi rilis, kami berencana menggunakan leanpub sebagai media publikasi.