Layanan Komersial Elektronik B2B di Indonesia

B2B sebagai sebuah bentuk pemasaran mulai merambah dunia elektronik dengan suatu bentuk layanan komersial elektronik melalui internet. Layanan ini dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi antar pihak yang berkepentingan, produsen/agen produk dan distributor.

Pada prakteknya pembangunan layanan komersial elektronik bisa difasilitasi baik oleh produsen, agen maupun distributor bahkan oleh pihak di luar yang berkepentingan. Di Indonesia ada beberapa layanan yang dibangun dan berjalan. Berikut beberapa perusahaan yang membuat layanan B2B.

Alfamart

Sebagai sebuah perusahaan retail yang tersebar diberbagai pelosok Alfamart memiliki jaringan luas. Banyak barang yang dijual melalui berbagai metode distribusi baik melalui pusat maupun distribusi langsung melalui cabang untuk mengakomodasi produk lokal. Maka layaklah sebuah layanan B2B dibangun oleh Alfamart untuk mengakomodasi para produsen/agen produk.

Dengan adanya layanan B2B dari Alfamart produsen dapat mengetahui posisi terkini produknya dari laporan-laporan yang ada. Kegiatan yang tercatat meliputi Purchase Order, Laporan Penerimaan Barang, Tanda Terima Faktur, Retur Barang, Service Level, Selling IN dan Vendor Report System.

Asuransi Astra, Garda Oto

Sebagai penyedia jasa asuransi mobil, Garda Oto memiliki jaringan bengkel yang luas. Dengan segala kebutuhannya maka dibangunlah Garda Q’System sebagai layanan yang mengakomodasi kebutuhan bisnis dan perkembangannya sejak tahun 2010.

Dengan layanan ini pula akan diperoleh informasi kebutuhan atas suku cadang bagi bengkel-bengkel rekanan sehingga terjadi efisiensi dan efektivitas dalam proses bisnis induk usaha secara keseluruhan.

BCA

Sebagai bank dengan jaringan cabang yang luas, meskipun bukan pihak yang berkepentingan,BCA mengambil langkah untuk bekerja sama dengan Pertamina mengakomodasi kebutuhan pemesanan dan pembayaran produk Pertamina oleh pemilik SPBU atau industri. Proses pemesanan dan pembayaran tersebut dapat dilakukan di Kantor Cabang BCA, Klik BCA Bisnis atau Layanan Setoran Jemputan. Produk yang dilayani : Fuels, Aviation Fuels, Lubricant, LPG/BBG dan Petrochemical Product.

Selain itu pula BCA juga menerbitkan produk Pertamina Gazcard (co-branding Flazz) untuk kemudahan dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi pembelian BBM di SPBU.

Kawan Lama

Sebagai distributor mesin dan peralatan industri dengan jaringan pemasaran yang luas meliputi pelaku industri dan peretail Kawan Lama memerlukan konsep efisiensi yang inovatif. Dengan kebutuhan itu dibangunlah layanan B2B yang bisa mengakomodasi semua hal dalam proses bisnisnya.

Layanan B2B yang dibangun oleh Kawan Lama mencakup katalog produk, kegiatan administrasi, surat menyurat, dan riset harga serta pemantauan rekam jejak transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *