Analisis dan Visualisasi Data Offshore Leaks ICIJ

Beberapa waktu terakhir ini sering kita dengar gembar-gembor kebocoran informasi mengenai kepemilikan usaha di luar negeri dari sebuah firma hukum panama, sehingga berkas-berkas elektronik tersebut dikenal dengan panama papers. Sebenarnya data semacam itu sudah dikenalkan oleh ICIJ (International Consortium of Investigative Journalists). Menurut rilis berita, pihak-pihak yang tersangkut paut dengan panama papers nantinya akan dirilis menjadi satu dengan data offshore yang telah ada.

Lalu dalam 10 hari menjelang rilis data terbaru (9 Mei 2016) adakah yang bisa dilakukan?

Sambil menunggu kami mencoba membuat proyek kecil untuk melakukan analisis dan visualisasi data offshore leaks ICIJ ini. Dan seperti biasa, semua code kami ada di proyek github b2b-web-id/offshoreleaks untuk kolaborasi. Silakan gunakan dengan bijak. Target awalnya adalah membuat tampilan yang memvisualisasikan jejaring yang dimiliki oleh sebuah entitas, baik itu pemilik modal, pengurus maupun badan usaha yang ada dalam daftar.

Silakan berkomentar melalui halaman ini atau melalui sistem tiket github. Semua masukan akan kami terima dengan lapang dada.

Selain sebagai proyek baru, tentunya data yang ada akan menambah daftar data yang kami kumpulkan di Pusat Data Elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *